Memisahkan Traffic Game Online dan Browsing
Mangle
Mangle adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk memisahkan traffic browsing dan game online berdasarkan protocol dan port yang digunakan. Dimana mangle dapat digunakan untuk menandai (marking) paket data berdasarkan port, protocol, src dan dst address, serta parameter lain yang dibutuhkan.
Karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara memisahkan traffic game online dan browsing, berarti kita harus mengetahui terlebih dahulu protocol dan port berapa yang digunakan oleh game online untuk menjalankan fungsi nya. Ada 2 cara untuk mengetahui informasi tersebut.
Pertama, kita bisa menggunakan tools torch pada saat client menjalankan game tersebut. Sehingga kita bisa mengetahui protocol dan port yang digunakan. Caranya dengan cara masuk ke menu Tools => Torch
Kedua, kita bisa mencari referensi lain di internet, dimana sudah banyak yang berhasil mengetahui protocol dan port yang digunakan oleh setiap game online yang ada. Tentunya setiap game online menggunakan protocol dan port yang berbeda.
Pada artikel kali, sebenernya tipe traffic yang akan di-manage bisa digolongkan menjadi 2 tipe saja, yaitu traffic untuk game online dan traffic untuk selain game online (browsing,chatting,dll). Maka kita bisa membuat mangle untuk game online terlebih dahulu, baru setelahnya buat untuk selain game online berdasarkan protocol dan port yang sudah di dapat sebelumnya.
Membuat Mangle Untuk Game Online
Untuk pembuatan mangle game online, karena banyak game - game yang akan di mangle, akan lebih mudah jika di buat mark-connection semua game terlebih dahulu dengan marking (penandaan) yang sama. langsung saja ke konfigurasi
1. Setelah login ke router mikrotik, kita masuk ke menu Ip => Firewall => Mangle => +
2. Pada menu General kita isi Chain : forward (forward = melewatkan rule) Src. Address : 192.168.50.0/24 (isikan ip network yang akan di manage) Protocol : tcp (isikan protocol yang digunakan oleh game online tersebut) Dst. Port : 36567,8001 (isikan port yang digunakan game online).
Geser ke sebelah kanan pada menu Action kita isikan Action : mark connection (penandaan koneksi) lalu isi New Connection Mark bebas disini saya isi koneksi-game supaya lebih mudah di ingat, lalu untuk mark connection kita centang Passthrough, setelah itu klik OK
3. Setelah langkah mark-connection selesai, barulah kita buat mark-paket berdasarkan mark connection = koneksi-game yang telah dibuat sebelumnya. Pada menu General kita hanya mengisi Chain : forward lalu pada bagian bawah kita isi connection mark : koneksi-game (yang telah kita buat sebelumnya).
Geser ke sebelah kanan, pada menu Action kita pilih Action : mark paket (penandaan paket) lalu isi New Packet Mark bebas dan untuk mark paket kita tidak mencentang Passthrough. setelah itu OK
Mangle Selain Game Online
Setelah sebelumnya telah dibuat mangle untuk game. Selanjutnya tinggal kita buat mangle untuk traffic selain game online. Di dalamnya bisa terdapat traffic browsing, chatting,dll. langsung saja kita ke konfigurasi
1. Pada menu General kita hanya mengisi Chain : forward kemudian Src. Address : 192.168.50.0/24 (sama seperti mangle koneksi-game) lalu dibagian bawah isi Connection Mark : no-mark.
Geser ke sebelah kanan, pada menu Action kita isikan Action : mark connection (penandaan koneksi) kemudiaan isi New Connection Mark bebas lalu untuk mark connection kita centang Passthrough, lalu tekan OK
2. Sama seperti langkah marking pada traffic game online, buat mark-packet setelah langkah mark-connection selesai. pada menu General kita hanya isi Chain : forward dan Connection Mark : koneksi-browsing (yang telah dibuat sebelumnya).
Geser ke sebelah kanan, pada menu Action kita isi Action : mark packet (penandaan paket) lalu isi New Packet Mark bebas dan untuk mark packet kita tidak mencentang Passthrough, lalu tekan OK
Hasil akhir dari konfigurasi mangle seperti gambar di bawah.
Management Bandwidth
Pada artikel ini akan digunakan Queue tree untuk melakukan management bandwidth berdasarkan mangle mark-packet yang telah dibuat sebelumnya. Sebeagai contoh, bandwidth total yang dimiliki adalah 1Mbps. Langsung saja kita ke konfigurasi
1. Setelah login ke router mikrotik, selanjutnya kita masuk ke menu Queues => Queue Tree => +
2. Definisikan terlebih dahulu total bandwidth yang ada, baik untuk upload maupun download nya. Pertama saya akan membuat total untuk upload terlebih dahulu, pada menu General kita isi Name bebas Parent : ether1 (pilih interface yang akan dijadikan sebagai media upload) Queue Type : default kemudian Max Limit : 1M (total bandwidth yang dimiliki) lalu tekan OK.
Selanjutnya kita buat rule untuk total downloadnya, caranya sama seperti membuat rule untuk total upload.
3. Buat queue untuk traffic game online dan browsing berdasarkan mark-packet yang sudah dibuat sebelumnya. Pada contoh ini menggunakan model HTB dengan bandwidth minimal (Limit At) = 512k dan total bandwidth (Max limit) = 1Mbps. Pertama saya buat rule untuk browsing-download terlebih dahulu, pada menu General kita isi Name bebas Parent : total-download (yang telah kita buat sebelumnya) kemudian untuk Packet Marks : paket-browsing (pilih sesuai rule yang dibuat karena kita membuat rule untuk browsing berarti packet marks juga kita isi paket-browsing) Queue Type : default lalu Limit at : 512k (minimal bandwidth yang di dapatkan client) Max Limit : 1M (maksimal bandwidth yang akan di dapatkan client) lalu tekan OK.
Selanjutnya buat rule untuk game-download caranya sama seperti membuat rule untuk browsing-download.
4. Membuat traffic browsing-upload dan game-upload, pada menu General kita isi Name bebas lalu Parent : total-upload (yang telah kita buat sebelumnya) kemudian Packet Marks : paket-browsing (isi sesuai rule yang dibuat) Queue Type : default kemudian Limit At : 512k (minimal bandwidth yang akan didapatkan client) dan Max Limit : 1M (total bandwidth yang akan didapatkan client) lalu tekan OK.
Selanjutnya buat rule untuk game-upload, caranya sama seperti membuat rule untuk browsing-upload.
Pengecekan
Dengan menggunakan model HTB, antar traffic browsing dan game online sudah memiliki bandwidth garansi masing-masing, sehingga pada saat keduanya berjalan secara bersamaan tidak akan saling mengganggu.
Komentar
Posting Komentar